Sabtu, 25 Juli 2020

Sereun Taun di Ciptagelar ( bag. 1 )

Aloha geng
kali ini mau cerita perjalanan gw pada tahun 2017 (3 tahun yang lalu banget woyy)
iyah mumpung lagi ada niat buat dokumentansiin perjalanan.

Perjalanan ini di inisiasi sama anak anak RIM (Relawan Indonesia Mandiri) dengan tujuan untuk melihat upacara adat panen raya yang disebut SEREUN TAUN di desa adat Ciptagelar, selain sekedar menghadiri kita juga berencana ngadain kelas relawan di desa Sinar Resmi (desa yang jadi post kita sebelum ke cipta gelar) dan Alhamdulillah gw bersyukur banget bisa ikutan.

Tanggal 15 September
pagi - sore, gw masih ngantor, yaak kantor sepi karena kantor gw lagi buka booth di acara mining expo. gw sendiri bertugas jagain kantor dan nganter makan siang buat tim yang disana.
Abis nganter makan siang, gw nginder arena expo sambil foto foto di display truk dan alat alat berat, gw gak seberapa excited sih dibanding sama rencana perjalanan ntar malem ke sukabumi. horee...
ini foto2 pas mining expo

dah cocok jadi SPG mobil yah kan... hahahah

mejeng dulu shaay
Habis magrib gw lansung berangkat ke bogor untuk ketemu di meeting point KFC bogor. Di meeting point sendiri kita serombongan ketemu dengan rombongan dari komunitas lain, basa basi kenalan dan mulai perjalan jam 10 malem. Dari bogor kita dibagi ke beberapa kendaraan, gw semobil sama mba yayuk, dilla, echa.
pas di metpo bogor... udeh kucel maasih sok asik foto2
Perjalanannya sekitar 7 jam menuju desa sinar resmi untuk transit dan berkegiatan sebelum ke cipta gelar. Selama perjalanan gw tidur, bangun, tidur, bangun lagiii.... nggak sampe sampe, pinggang udah mulai ngilu karna duduk, pas subuh kita mampir bentar buat sholat sekalian streching tipis tipis, disitu juga diinfo klo desa adat sinar resmi yang jadi tujuan udah deket. seneng donk..

jam 6 Pagi kita akhirya sampe di desa sinar resmi. begitu sampai sambil menunggu giliran buat bersih bersih, gw sama ka emy dan mba yayuk asik foto2.

belom mandi, belom tidur, belom ganti baju... biarin!!

dibelakang gw adalah lumbung padi kasepuhan (leuit) , moon maap pemandangan terganggu sama si centhil
tentu saja belum ganti baju dari kemarin... baju yang dipake dari rumah sejak berangkat ke kantor
Di sinar resmi sendiri juga punya acara adat sereun taun dan acara adat lainnya namun kebetulan pas kesana memang sedang tidak ada acara, Desanya sejuk, banyak ayam dan anjing berkeliaran, warganya ramah serta terbuka kepada warga luar.

untuk acara adat dan informasi tentang kampung adat kasepuhan sinar resmi  bisa di klik di link ini

Sekian dulu pembuka tentang perjalan ke desa Cipta Gelar

Ps. Doakan aku mood buat nulis lanjutannya.
AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sereun Taun di Ciptagelar (Bag. 4 - Malam di ciptagelar)

Padi adalah sumber kehidupan bagi warga Ciptagelar. Banyak upacara yang dilakukan sesuai proses tanam padi. Sereun Taun merupakan upacara p...