Rabu, 10 September 2014

semacam tips merawat keluarga yang sakit



Hei para para kesayangan.....

Gw masih mau lanjut curhat kemaren nih tentang secuil perasaan yang gak penting tapi penting juga kok *mulai maksa*.. hahahaaaa...


Entah pada awalnya aku merasa (jiaaah kaya pembukaan cerita oh mama oh papa.. xixixi) tiba tiba aja terdorong dari perasaan yang nggak gw fahami, yang jelas gw ngerasa bertanggung jawab pada banyak hal hal baru yang gw temuin ketika menjaga alm. Nenek baik di rumah sakit maupun dirumah.

Kemudian mulai menikmati semua tanggung jawab itu dan sampai sekarang masih merasa bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk menolong orang orang yg gw sayang. Tapi semua itu bukan berarti hal yang mudah saja dilalui. Beberapa kali gw berharap buat pingsan tapi nggak bisa bow yah jadilah menghadapi “hal hal baru itu” menjadi satu satunya pilihan.. hehehehee 


Sebagai orang yang memiliki sedikit pengalaman kali ini gw mau berbagi untuk bisa memaksimalkan diri untuk merawat keluarga yang sakit. Nah opini gw murni berdasarkan pengalaman bukan berdasarkan riset ataw apalah. Jadi dicoba boleh kaga dicoba boleh balik lagi kakaaaa *ala ala SPG mangga dua*

  • Cari tau dan pelajari sebanyak banyaknya informasi tentang penyakit yang diderita.


Sekarang kan mendapatkan informasi kan nggak susah susah banget, kalo lo tipe yang males nanya ke para tenaga medis bisa cari info dengan mesin mencari. Tinggal ketik maka beragam informasi pun bisa lo akses.

Dari jaman nenek dulu gw berusaha merekam semua informasi yang diberikan oleh dokter, perawat, petugas penunjang medis ditambah emank udah naluri kepo gw yang kronis akhirnya setiap tindakan dan apa saja perlakuan ke pasien, kalo gw yang jaga pasti nanya “ini diapain mba/mas” “fungsinya buat apa?” “ini obat apa?” “caranya gimana” dan berbagai jenis pertanyaan2. Yang penting gw catat dibuku karena takut lupa. Ini berguna banget loh. Bener deh gw ngerasain dampaknya sekarang dan bikin gw jadi orang yang nggak mudah panik (yup.. nggak mudah panic itu modal penting kalo mau maksimal melakukan perawatan dan fungsi dari mengetahui banyak hal informasi)

  • Jaga kesehatan
 
Sehat itu kudu banget kalo mau ngerawat orang sakit. Terutama di rumah sakit banyak sekali kuman, bakteri, virus bertebaran yang kita gak bisa kita lihat dengan kasat mata ditambah lagi aktivitas fisik yang lebih dengan jam tidur belum lagi kalo masih dilanjutkan dengan kegiatan keseharian. Kaya gw misalnya (pagi sampe sore harus kerja, malamnya kuliah dilanjut jaga nyokap sampe pagi lagi lanjut ke kantor lagi) *curcol*

Alhamdulillahnya gw tipe orang yang sangat gampang tidur (dengan situasi, pose dan jam apa aja) dan gampang bangun juga. Itu sangat membantu jadi meski sedikit2 bisa merasakan bobo yang berkualitas *idih jijay*

Gw biasanya agak disiplin dengan jam makan kalo gini, biar gak laper gw tetep makan 3 kali sehari dengan nutrisi cukup (bukan banyak yah), minum vit. C dan zinc, Vit. B12, air putih semaksimal yang gw bisa minum *onta kaleee* sesekali stretching ringan peregangan otot, biasanya dikantor sebelum mulai  kerja (caranya: browsing sendiri yah)

  • Kendalikan Emosi 

menghadapi orang sakit amat sangat mengandalkan emosi yang stabil sodara sodara. Sebagai manusia biasa Rasa cemas, takut, sedih, marah, merasa bersalah pasti akan mendera ketika kita sedang merawat keluarga yang kita sayangi sakit. Namun, adalah wajib bagi kita untuk memberikan ketenangan karena bagaimanapun kita adalah keluarga yang notabene akan lebih bisa memahami kondisi pasien secara naluriah.

Gw biasanya menjaga emosi gw tetap stabil dengan tetap melakukan hobi gw disela sela merawat.. gw ngerajut, kadang baca buku, main game, ngobrol sama temen atau nulis di diari juga blog..

Kalau lagi jam besuk/ataw banyak orang gw juga biasanya jalan jalan di sekitaran RS, misal ke taman, ke kantin (paling sering) ke mol deket RS, salon, cafĂ© ngopi ngopi cantik dll…
Minta Tolong
Gw bukan sailormoon apalagi wonderwomen yang bisa kerjain apa apa sendiri, jelas kita butuh bantuan orang lain. Jadi gw biasanya emank bagi bagi tugas dengan keluarga lain. Jangan malu minta tolong, pengalaman gw sih malah banyak yang merasa senang dilibatkan asal jangan kebangetan minta tolongnya juga.. hehehehehee…
 
  • Ini yang paling penting yaitu IKHLAS 

Nah panjang lebar gw ngoceh nggak ada artinya kalo lo nggak mampu menanamkan rasa ini di dalam sanubari *tsaaaaah*

IKHLAS.. IKHLAS.. IKHLAS….. modal dasar untuk bisa menjaga dan merawat keluarga yang sakit.. semua akan terasa lebih mudah jika kita IKHLAS… 




Nah itu aja tips ala nunu buat lo yang kebetulan lagi diajarin cara bersyukur sama Allah dengan cara merawat keluarga yang lagi sakit.
^________^